Jumat, 04 Maret 2011

Twitter

Twitter, jejaring social ini menjadi pelarian bagi saya setelah sebelumnya menggunakan facebook. Facebook yang dulunya hanya sebagai situs pertemanan, kini memiliki fitur yang terlalu banyak. Mulai dari aplikasi, permainan, dll. Hal tersebut membuat saya kesal karena banyaknya permintaan aplikas atau permainan dari teman-teman saya. Dan kini saya beralih ke twitter. Nah, untuk teman-teman yang juga baru hijrah ke twitter, berikut adalah beberapa informasi tentang twitter:


Home
Pada halaman utama kita bisa melihat tweets yang dikirimkan oleh orang-orang yang telah kita follow.

Profile
Pada halaman ini yang akan dilihat oleh seluruh orang mengenai profil atau data diri serta tweet yang sudah pernah di-update oleh pemilik profile.

Avatar
Avatar adalah foto profil kamu. Bisa jadi ini merupakan sebuah identitas bagi seorang penggua twitter. Jadi, usahakan gunakan avatar yang enak unik & enak dilihat.

Username
Username adalah namamu di dunia twitter. Usahakan cari nama username yang unik namun enak dilihat dan mudah dihafal.

Follower
Pengikut adalah pengguna lain yang ingin menjadikan kita sebagai teman. Bila pengguna lain menjadi follower akun seseorang, maka tweets seseorang yang ia ikuti tersebut akan masuk ke dalam halaman utama.

Following
Kebalikan dari follower, following adalah akun seseorang yang mengikuti akun pengguna lain agar tweets yang dikirim oleh orang yang diikuti tersebut masuk ke dalam halaman utama.

Mentions
Biasanya konten ini merupakan balasan dari percakapan agar sesama pengguna bisa langsung menandai orang yang akan diajak bicara. Mention Bisa digunakan dengan menggunakan symbol (@) dan dilanjutkan dengan nama username orang yang dituju.

Favorite
Tweets ditandai sebagai favorit agar tidak hilang oleh halaman sebelumnya.

Direct Message
Fungsi direct message lebih bisa disebut SMS karena pengiriman pesan langsung di antara pengguna tanpa ada pengguna lain yang bisa melihat pesan tersebut kecuali pengguna yang dikirimi pesan.

Hashtag
Penanda yang ditulis di depan topik tertentu agar pengguna lain bisa mencari topik yang sejenis yang ditulis oleh orang lain juga. Hastag menggunakan symbol pagar (#) diawal topic.

List
pengguna twitter dapat mengelompokkan following mereka ke dalam satu grup atau list. sehingga memudahkan untuk dapat melihat secara keseluruhan para username yang mereka follow.

Trending Topic
topik yang sedang banyak dibicarakan banyak pengguna dalam suatu waktu yang bersamaan

Isi Tweet
Berikut ini adalah isi dari update tweet beberapa akun:
• Berita
• Spam
• promosi diri
• Celoteh tidak berarti
• Percakapan

Aplikasi pihak ketiga
Aplikasi yang dimaksudkan adalah aplikasi yang membantumu menggunakan twitter dengan mudah. Contohnya seperti TweetDeck, Salesforce.com, HootSuite, Twitterfeed, UberSocial, Snaptu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar